SUTAN MANGKUTUR LUBIS

Keterangan biografis tentang Sutan Mangkutur anak ke 3 dari Raja Junjungan I tidak banyak diketahui. Menurut dugaan ia dilahirkan akhir abad ke 18 di Huta Dolok, Ulu Pungkut. Mandailing Julu. Setelah abang kandungnya Raja Gadombang meninggal dunia pada tahun 1835, karena tertembak disatu tempat antara Rao dan Lubuk Sikaping, sewaktu berkecamuknya perang antara kaum Paderi dan Belanda di tempat tersebut, Sutan Mangkutur dinobatkan menjadi raja sebagai penggantinya di Huta Godang.
Kedudukan Sutan Mangkutur sebagai raja di Huta Godang hanya berlangsung beberapa tahun saja, karena akhirnya ia ditangkap dan dibuang oleh Belanda.
Sutan Mangkutur adalah anak Namora Junjungan Lubis. Setelah Namora Junjungan Lubis meninggal dunia, kedudukannya sebagai raja di Huta Godang digantikan oleh anaknya Raja Gadombang yang pernah diangkat Belanda menjadi Regen Mandailing. Kemudian setelah Raja Gadombang meninggal dunia pada tanggal 16 Nopember 1835, kedudukannya sebagai raja di Huta Godang digantikan oleh Sutan Mangkutur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar